Al-Imam Adz-Dzahabi (673-784 H)

Kitab al-Kabaair merupakan karya beliau yang mula-mula beliau tulis khusus 'pembaca khusus'. Di dalam kitab ini beliau menampilkan topik-topik menarik bagi mereka serta memberi manfaat bagi Dien dan dunia mereka. Dengan bahasa yang mudah dipahami. Adz-Dzahabi mampu menjeleskan bagian-bagian yang sulit, yang biasa didapati dalam kitab-kitab ilmiyah yang membahas topik khusus, buah karya para ulama dan para pencari ilmu.

Ungkapan-ungkapan beliau dalam kitab ini laksana petuah 'wa'izh mursyid' (pemberi peringan nan bijak) yang mencitrakan kemaslahatan manusia dan meluruskan aqidah serta perilaku mereka.

Adz-Dzahabi memaparkan semua pembahasan dengan bahasa yang sederhana, mudah dipahami, jelas, dan menarik. Beliau menjauhkan hal-hal yang rumit, samar, dan di buat-buat. Maka jadilah kitab ini berguna bagi para khatib, pemberi peringatan, pemberi petuah bagi orang-orang yang lalai dan bingung, serta menjadi teguran bagi ahli maksiat dan orang-orang yang menyimpang. Selain itu ia juga menjadi penuntun bagi orang-orang yang memiliki tekad membaja di dalam menempuh jalan Allah Azza wa Jalla, jalan al-haq, jalan kebenaran..

Dwonload: Abu Abdillah adz-Dzahabi Dosa-dosa Besar {al-Kabaair} 17 MB
 
Top