Nama eBook: Kewajiban Puasa: Tafsir Surat al-Baqarah ayat 183-184
Penulis: Imam Ibnu Katsir asy-Syafi’i رحمه الله

Allah ta’ala berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ أَيَّامًا مَعْدُودَاتٍ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ وَعَلَى الَّذِينَ يُطِيقُونَهُ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَهُ وَأَنْ تَصُومُوا خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelummu agar kamu bertakwa. (yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka jika di antara kamu ada yang sakitatau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayarvfidyah, (yaitu) memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itu-lah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. (QS. al-Baqarah/2: 183-184)

Alhamdulillah, sebentar lagi kita akan menunaikan ibadah yang agung yakni Puasa Ramadhan yang merupakan satu dari lima rukun Islam, ayat diatas merupakan dalil pensyariatan akan kewajiban puasa dan alhamdulillah kebanyakan kita telah hapal bunyi ayatnya terutama ayat ke 183.

eBook ini adalah tafsir ayat tersebut yang dikutif dari tafsir ulama yang mulia al-Imam al-Hafidz Ibnu Katsir asy-Syafi’i rahimahullah, beliau menerangkan berbagai hal yang berhubungan dengan puasa. Untuk menambah faedah dalam eBook versi CHM kami tambahkan Tafsir ayat Puasa dan Faedahnya oleh Syaikh Salim Id al-Hilali sertaTafsir surat al-Qadr yang juga oleh Imam Ibnu Katsir.

Kami menganjurkan kita semua untuk memperdalam ilmu yang berhubungan dengan Puasa sebelum memasuki bulan Ramadhan yang eBook dalam masalah ini dibahas dengan luas pada eBook kami Pedoman Puasa dan Hari Raya, dan akhirnya kami berdo’a agar ibadah kita diterima disisi-Nya, amin…

Download:
Download ZIPatau Download PDF atau Download Word
 
Top